2 Jenis Software Pengadaan Barang Digital Beserta Fungsinya

E-procurement merupakan sebuah solusi baru dari procurement konvensional yang membutuhkan waktu lama. E-procurement sendiri merupakan sebuah sistem kegiatan pengadaan yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan website dan internet. Sebagai solusi dari procurement, proses dari e-procurement jelas berbeda. E-procurement lebih transparan, dan sangat efisien dibandingkan dengan procurement. Selain itu, e-procurement tidak membutuhkan banyak biaya dibandingkan dengan procurement. Jika dalam kegiatan pengadaan dengan sistem procurement membutuhkan buaya membeli kertas, konsumsi, dan peralatan lainnya, e-procurement hanya membutuhkan biaya hardware atau perangkat keras dan 1 user untuk menjalankan kegiatan pengadaan tersebut. Hal ini dikarenakan, e-procurement memiliki software pengadaan barang digital yang berfungsi untuk menyimpan segala hal tentang kegiatan pengadaan. Mulai dari awal memilih supplier, hingga akhir dari acara kegiatan pengadaan.

Baca juga : Mengetahui 3 Jenis Dari Software Pengadaan Digital

Apa Saja Jenis Software Pengadaan Barang Digital

Dalam e-procurement terdapat berbagai jenis software pengadaan barang digital. Tidak semua software e-procurement dibuat sama. Hal ini dikarenakan, setiap software memiliki fungsi atau kegunaan serta tujuan yang berbeda-beda.Berikut ini penjelasan mengenai beberapa software yang ada di dalam e-procurement.

  • Electronic sourcing atau bisa disebut dengan e-Sourcing

Electronic sourcing ini merupakan software yang berhubungan dengan para supplier. Dengan software ini, Anda akan mendapatkan pemasok potensial. Software ini juga digunakan untuk menanggapi permintaan request for proposal (RFP), request for quotes (RFQ), request for information (RFI), dan lain sebagainya. Di software ini, Anda juga dapat mendorong persaingan sehat antara supplier dengan melihat peringkat dan nilai penawaran dari setiap supplier.

  • Manajemen Kontrak

Dengan menyediakan template, content library, dan dukungan untuk konten yang dibuat khusus untuk Anda, software manajemen kontrak ini memudahkan Anda dalam membuat kontrak sesuai dengan permintaan dengan waktu dan upaya minimal secara elektronik. Tidak hanya membuat kontrak saja, software ini juga digunakan untuk melakukan persetujuan kerjasama, memberitahu tim e-procurement dan bagian hukum ketika kontrak sudah habis, dan memberikan solusi penyimpanan dokumen dan manajemen data yang terpusat.

Demikian, jenis software pengadaan digital yang dapat Saya berikan kepada Anda. Selain kedua jenis software ini, masih banyak lagi jenis software lainnya yang dapat membantu Anda agar kegiatan pengadana dapat berjalan dengan lancar.

Posted December 28, 2021 15:20

Add Your Comment

Already signed up? Login.
  •  
 
guest avatar
bali real estate luxury

1 year, 3 months ago

 

They were very professional with waling me through the whle process. It was a smooth and asy transaction and they performed a fantastic job.

i aam very thankftul for thee way they hanndled this transaction from beginning finish.

this was all dont while i remained overseras so I highly recommend them to anyone seeking to purchase or sell the property in Bali.

guest avatar
for rent land tabanan

1 year, 2 months ago

 

A milliоn thanks. It waas a lengthy process that required ⅼots օf patience. Тhat's whү I am truly impressed bу уоur commitment tօ persistence, persistence and professionalism wһеn closing the deal.

RSS Feed RSS Feed

Recent Blog Entries

Tags

Archive